Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Provinsi Jawa Timur luncurkan Bengkel Keliling Alat dan Mesin Pertanian.

Dalam rangka mendukung pelaksanaan pembangunan pertanian di Provinsi Jawa Timur, Pemerintah Provinsi Jawa Timur telah mengalokasikan bantuan Alat dan Mesin Prapanen mulai tahun 2009 s/d 2020 telah menyalurkan bantuan Alsin Prapanen untuk Hand Traktor sebanyak 1.278 Unit, Pompa Air 864 Unit, Cultivator 292 Unit, Rice Transplanter 435 Unit, Handsprayer 70 Unit, dan Mist Blower 180 Unit.

Selain adanya alokasi alat dan mesin pertanian dari APBD Provinsi, dari Pemerintah Pusat juga telah menyalur bantuan alat dan mesin pertanian, sehingga prakiraan jumlah Alsin Prapanen yang layak pakai di Provinsi Jawa Timur mulai Tahun 2009 s/d 2020 untuk Hand Traktor sebanyak 28.328 Unit, Pompa Air 13.613 Unit, Cultivator 1.230 Unit, Rice Transplanter 1.919 Unit, Handsprayer 7.660 Unit.

Namun karena umur teknis serta kurangnya perawatan kondisi Alsintan dari tahun 2009 s/d 2012 banyak yang sudah rusak, selanjutnya untuk tahun 2013 s/d 2014 beberapa mengalami kerusakan ringan dan tahun 2015 s/d 2020 rata-rata semuanya masih layak pakai.

Untuk meningkatkan umur teknis alat dan mesin pertanian maka Pemerintah Provinsi Jawa Timur saat ini telah menyiapkan bengkel keliling alat dan mesin pertanian rintisan sebanyak 2 unit yaitu di Kabupaten Trenggalek dan Bojonegoro, yang diharapkan dapat memberikan penanganan kerusakan serta perawatan berkala alat dan mesin pertanian sampai dilokasi.

Dengan adanya bengkel keliling alat dan mesin pertanian yang mampu memberikan pelayanan perbaikan, perawatan dan penggantian sukucadang  diharapkan alat dan mesin pertanian dilapangan selalu dalam kondisi siap kerja dalam upaya meningkatkan produksi pertanian serta kesejahteraan petani.

Bengkel alat dan mesin pertanian keliling selain memberikan pelayanan perbaikan, perawatan berkala, penggantian suku cadang alat dan mesin pertanian, juga berfungsi sebagai unit penyuluhan/pelatihan keliling dalam mengoptimalkan pemakaian alsintan serta dapat dipakai untuk monitoring kondisi bantuan pemerintah dilapangan sebagai bahan pengambilan kebijakan pengembangan alat dan mesin petanian kedepan. (pertanian.jatimprov.go.id)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *